Minggu, 11 Januari 2009

Nokia luncurkan 2 ponsel terbarunya


Bertempat di London, perusahaan pembuat teknologi handphone terbaik di dunia Nokia, memperkenalkan 2 handphone jenis terbarunya untuk kalangan bisnis yang didominasi oleh warna Blackberry. Nokia E66 dan E71 dengan keyboard penuh keduanya akan dipasarkan pada bulan Juli, akan dijual secara eceran dengan harga 350 euros atau sekitar $538 tidak termasuk subsidi dari operator dan pajak lokal.

Kedua ponsel tersebut memiliki kamera 3.2 Megapixel dan terpasang penerima GPRS untuk navigasi. Nokia E71 mempunyai ketebalan 10 milimeter, merupakan ponsel tertipis di dunia dengan keyboard QWERTY.
Pasar bisnis menjadi kompetitif yang terus meningkat, dan sangat terbagi-bagi, maka produk baru ini adalah penambahan penting untuk nokia seri E. kata Geoff Blaber seorang analis.

Ponsel yang baru dari nokia ini tidak termasuk servis Blackberry, termasuk pada semua ponsel nokia sebelumnya. Analis berkata bukanlah suatu masalah utama untuk Nokia, yang mana telah menawarkan suatu cakupan luas e-mail pada ponselnya.

“Kami melihat sejumlah organisasi mengadopsi strategi 'RIM plus one', tetapi dalam kasus yang sedemikian , mereka secara khas menyediakan Blackberry untuk para eksekutif senior dan beberapa device/e-mail platform lain untuk para pemakai," yang dikatakan Gartner analis Nick Jones.

Nokia menjual 40 persen dari semua ponsel secara global, tetapi pasar untuk para pemakai bisnis yang mencari akses cepat e-mail dikuasai oleh RIM. Petersen mengatakan itu karena hanya suatu porsi kecil dari akun email perusahaan yang digunakan, Itu memberi suatu kesempatan untuk penyedia seperti Nokia untuk menyerang posisi dominan RIM. “Untuk saya ‘permainan’ terbuka lebar”, kata Petersen. Nokia juga mengembangkan perangkat e-mail untuk konsumennya.(./dna)

Penulis : Andi Gunawan
FTI - Universitas Atmajaya

0 komentar: